2016, Kampus ITB Bakal Dibangun di Kota Cirebon

738 views


cirebon internetCirebon Internet -
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan mengatakan, tahun 2016 mendatang, kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) direncanakan bakal dibangun di Kota Cirebon. Pembangunan kampus ITB Cirebon tersebut akan ditempatkan dilahan seluas 19 hektar milik Provinsi Jabar.

“Pembangunan ITB Cirebon tersebut tentunya untuk meningkatkan dunia pendidikan di Cirebon dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan demi menunjang kemajuan dan perkembangan Cirebon Raya dalam mencari Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkap Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan saat ditemui fajarnews.com disela-sela Sosialisasi Pekan Olahraga Nasional ke-XIX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Kompleks Bima, Minggu (27/12).

iklanmentarihosting300x600Cirebon Internet - Menurutnya, pembangunan kampus ITB tersebut diharapkan bisa menjaring SDM pendidikan yang mumpuni. Sehingga kawasan metropolitan ketiga, yaitu Cirebon Raya memiliki lulusan-lulusan yang mumpuni dibidangnya masing-masing, sehingga bisa mempercepat proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah III Cirebon.

“Lahan seluas 19 hektar yang tadinya untuk Universitas Swadaya Gunungjati (Unswagati) Cirebon sebagai salah satu persyaratan proses penegerian. Akan tetapi tidak jadi, nanti kita manfaatkan lahan tersebut untuk ITB diluar Bandung, termasuk Cirebon,” jelasnya.

Cirebon Internet - Ia menerangkan, ITB Cirebon akan hadir di tahun 2016, lanjut dia, mengingat kebutuhan untuk menjaring lulusan yang handal itu diperlukan demi percepatan proses pembangunan kawsan metropolitan Cirebon Raya. “Insya Allah tahun depan kita akan membuat tiga kampus negeri baru, satu ITB (Institut Teknologi Bandung) Cirebon. Nanti kalau sudah besar dipisahkan menjadi kampus tersendiri. Kampus ini dibangun di atas lahan 19 hektar,” katanya.

Ia juga menambahkan, pembangunan kampus ITB itu bukan hanya di Cirebon saja, akan tetapi akan dibangun juga  ITB Bekasi, yang akan dibangun di atas lahan 40 hektar. Pembangunan kampus ITB baru di Cirebon ini guna menyiapkan SDM Jabar yang makin berkompoten.

Cirebon Internet - “Semoga pembangunan kampus ITB Cirebon ini bisa menambah daya saing masyarakat dalam meningkatkan perekonomian Cirebon, karena nantinya kampus ITB Cirebon ini bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten dan handal,” tukasnya.

(Sumber: Fajarnews) - Cirebon Internet