Polisi Mulai Pasangi CCTV di Jalur Mudik

631 views

CCTV Cirebon : Polisi Mulai Pasangi CCTV di Jalur Mudik

CCTV yang terpasang berfungsi untuk melakukan alternatif perpindahan arus apabila dengan rekayasa lalulintas.

CCTV Cirebon – Pemasangan kamera pemantau/closed circuit television (CCTV) yang disiapkan untuk pemantauan arus mudik dan balik Lebaran 2016 telah dilakukan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur. Sebanyak sembilan unit CCTV dipasang di sembilan titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Cianjur Erik Bangun Prakasa mengatakan, sembilan kamera pemantau tersebut telah terintegrasi dengan Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia atau biasa dikenal dengan nama NTMC.

CCTV Cirebon - Polisi Mulai Pasangi CCTV di Jalur Mudik

CCTV Cirebon – Menurut Erik, pemasangan telah dilakukan pada awal bulan dan akan rampung dua pekan sebelum Lebaran. Pemasangan CCTV jadi langkah antisipatif jelang arus mudik dan balik Lebaran. Selain itu, semua petugas dapat memantau keadaan lalu lintas setiap saat.

“Rencananya mulai dioperasikan pekan depan, dengan begitu kondisi lalu lintas bisa dipantau setiap saat,” ucapnya saat ditemui PR, di Jalan Abdullah Bin Nuh, Kabupaten Cianjur, Selasa, 14 Juni 2016.

Sistem NTMC sangat memudahkan polisi untuk memantau keadaan lalu lintas di titik-titik kemacetan secara real time. Kendati demikian, pemasangan CCTV yang dilakukan di beberapa titik masih terkendala sinyal yang jelek.

CCTV Cirebon – Kesembilan titik tempat pemasangan CCTV tersebut, kata Erik tersebar mulai dari Pos Polisi 1 Cepu Puncak Kecamatan Pacet. Lalu Pos Polisi 2 Cepu Ciloto Kecamatan Pacet, Pos Polisi 3 Cepu Hanjawar Kecamatan Cipanas, Pos Polisi 6 Cepu Pasar Cipanas. serta Pos Polisi 8 Cepu Pertigaan Hypermart, Pos Polisi 9 Cepu Pasar Muka Ramayana Cianjur, Pos Polisi 10 Cepu Pasirhayam, Mapolsek Ciranjang, dan Mapolsek Warungkondang.

Menurut dia, pemasangan di sembilan titik tersebut sesuai dengan kepadatan aru lalu lintas yang seringkali terjadi. Bahkan termasuk titik rawan kecelakaan sehingga sembilan titik tersebut masuk ke dalam titik-titik penting pemantauan. Tidak adanya pemasangan CCTV di wilayah selatan Cianjur, katanya, disebabkan di wilayah tersebut tidak sering terjadi kepadatan arus lalu lintas. Baik hari biasanya atau saat musim mudik dan balik Lebaran tiba.

CCTV Cirebon – “Daerah selatan bukan jalur utama mudik, lagipula jalur di sana tidak terlalu ramai pengendara. Jadi kami pusatkan pemantauan di titik-titik utama lalu lintas,” tuturnya.

Polisi pun mengimbau, demi kenyamanan berlalu lintas agar warga pengguna jalan di Cianjur untuk senantiasa memantau kondisi arus lalu lintas. Warga bisa melihat kondisi lalu lintas melalui akun media sosial Satlantas Polres Cianjur. Selain arus lalu lintas, warga pun bisa mengetahui kondisi jalan yang rawan terjadi tindak kriminalitas.

Baca Juga :
–  Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
–  Review : Kamera Pintar Untuk Rumah

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV