Google Garap Kurikulum Keamanan Internet Khusus Anak

39 views

Google meluncurkan program edukasi yang didesain untuk mengajarkan anak-anak tentang serangan phishing, perlakuan semena-mena di internet, cara membuat password yang baik dan masalah terkait keamanan di internet lainnya.

Dinamai "Be Internet Awesome", program ini menyertakan kurikulum di ruang kelas dan sebuah game yang disebut Interland. Program yang bisa diakses secara gratis ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para guru, kreator konten YouTube dan organisasi keamanan internet.

Be Internet Awesome membahas masalah yang relevan ke semua umur, meski ia ditujukan khususnya untuk anak-anak. Beberapa hal yang dibahas dalam program itu adalah bagaimana cara untuk membatasi informasi pribadi yang dibagikan pada orang asing secara online, membentengi diri dari penipuan dan serangan phishing, membuat password yang kuat dan menghindari kelakuan negatif online.

Google berkata, program ini sesuai dengan standar Edukasi Masyarakat Internasional untuk Teknologi, yang diberikan pada program-program yang mempromosikan berbagai kemampuan terkait teknologi, seperti yang disebutkan oleh The Verge.

Melalui program barunya, Google berusaha untuk memberikan edukasi menggunakan kuis, bermain peran dan latihan abstrak lainnya. Misalnya, dalam modul "Share with Care", para murid akan diminta untuk melihat profil media sosial dan menghapus informasi yang mungkin akan dilihat oleh orangtua atau potensial bos yang membuat pengguna terlihat jelek di mata mereka.

Sementara modul "Don't Fall for Fake" ditujukan untuk melatih para siswa membedakan situs halaman dan email asli dan palsu. Modul "It's Cool to Be Kind" mendorong anak-anak untuk tidak bereaksi pada pesan jahat dan juga memblokir serta melaporkan para perisak atau bully.

google

Interland, game yang ada dalam kurikulum ini, lebih terlihat seperti alat untuk membuat murid tertarik dan bukannya alat untuk belajar. Misalnya, material "Mindful Mountain" mengubah proses berbagi informasi pada orang-orang yang tepat menjadi sebuah permainan.

Tidak ada yang salah dengan kurikulum buatan Google ini, terutama karena ia mengajarkan anak-anak untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Namun, masih belum diketahui seberapa efektif program-program yang ada di dalamnya.

cr: megahub.id

Tags: #Cirebon Internet #internet #Internet Cirebon #Isp Cirebon