Deretan Situs Pemerintah yang Jadi Korban Peretasan

863 views

iklanmentarihosting728x90

ISP Cirebon – Situs pemerintahan kembali menjadi korban peretasan oknum yang tidak bertanggungjawab. Kali ini situs Pengaduan Masyarakat (Dumas) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jadi korban.

Seperti diketahui, tindakan peretasan ini bukanlah yang pertama kali terjadi di lingkungan situs pemerintahan. Sebelumnya situs Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) juga turut diretas beberapa bulan lalu. Berikut merupakan daftar situs pemerintahan yang berhasil dibobol oleh hacker.

Situs Setkab (Sekretariat Kabinet Republik Indonesia)

Pada pertengahan Desember 2015, website laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab.go.id) menjadi korban para Anonymous atau kelompok aktivis (Hacktivis).

Tampilan situs Setkab terlihat menjadi korban deface. Dalam situs tersebut terdapat tulisan hacking, failed, hacker typer, dan numerating target yang ada di laman Setkab.go.id tersebut.

ISP Cirebon – Deretan Situs Pemerintah yang Jadi Korban Peretasan 1 ISP Kuningan

Situs Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional)

Selang beberapa hari setelah website Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab.go.id) diretas hacker, pada 26 Desember 2015 website milik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) turut dibobol.

ISP Cirebon – Dalam website Lemhanas terdapat tulisan kode jargon file yang memuat definisi hacker seperti Hacked by prosox & kuroi’SH, Mr. Domoz, RxR HackEr, Shin0bi H4x0r, Dr. Raw KkK1337, AnoaGhost, Gezah, Black SNiper, Sys GhoSt & all my friends.

Situs ICMI

ISP Cirebon – Walaupun bukan lembaga pemerintah, situs Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) juga turut menjadi korban peretasan. Situs ICMI dilaporkan berhasil menjadi keusilan hacker. Dalam pantauan Okezone, saat mencari kata ICMI dari pencarian mesin pencari Google, terlihat situs ICMI bertuliskan, ‘Hacked by Anonymous0536’.

ISP Cirebon – Deretan Situs Pemerintah yang Jadi Korban Peretasan 2 ISP KuninganCirebon Internet

Situs Pengaduan Masyarakat Kominfo

Setelah situs resmi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dilaporkan jadi korban hacker beberapa waktu lalu terkait permintaan blokir Google dan YouTube, kini giliran situs Pengaduan Masyarakat (Dumas) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jadi korban, Sebelumnya, sang hacker dilaporkan sempat melakukan deface di halaman tersebut dengan melakukan sejumlah curhatan.

ISP Cirebon – Dan kini giliran subdomain wbs.kominfo.go.id menjadi korban peretasan para hacker. Situs WBS (whistle blowing system) di lingkungan Kominfo digunakan untuk memfasilitasi pengaduan orang dalam pada tindakan pidana korupsi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sumber

Tags: #internet #Isp Cirebon #Website