Purwakarta Luncurkan 60 Kampung Gaul Berbasis IT

623 views

ISP Cirebon : Purwakarta Luncurkan 60 Kampung Gaul Berbasis IT

ISP Cirebon - Sebanyak 60 kampung berbasis teknologi informasi diluncurkan di Purwakarta. Kampung yang dinamai “Kampung Gaul” ini tersebar di desa-desa di Purwakarta.

“Konsepnya smart village. Kampung Gaul ini memiliki jaringan IT, seperti wifi, CCTV, dan berbagai aplikasi lainnya,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat dihubungi Jumat (17/6/2016).

ISP Cireboncirebon internet

Dedi menjelaskan, smart village inidinamai Kampung Gaul karena diharapkan dengan program ini masyarakat desa bisa bergaul, melek teknologi, dan informasi seperti di kota.

Ia berharap, kampung gaul akan menjadi salah satu percepatan pengembangan potensi desa. Karena di dalam kampung gaul terdapat sistem pelayanan terintegrasi dilengkapi dengan CCTV,e-learning, dan e-commerce. Termasuk di dalamnya web yang diperuntukkan bagi pendidikan dan pengembangan produktivitas dan kreativitas masyarakat desa.

iklanmentarihosting300x600“Selama ini, digitalisasi cenderung membentuk masyarakat menjadi konsumerisme. Di Purwakarta, digitalisasi akan digunakan untuk mendorong produktifitas,” ucapnya - ISP Cirebon.

Misalnya, anak-anak yang memiliki akun media sosial di pedesaan adalah penggembala. Nantinya, mereka bisa mem-posting foto-foto mereka yang sedang menggembala di media sosialnya. Dengan cara ini, citra penggembala yang identik dengan kampung berubah menjadi gaul.

“Menggembala itu gaul, beternak sapi, kambing, ayam, perikanan, dan berkebun itu gaul. Kami akan tetap memberikan bantuan hewan ternak pada anak-anak di desa dan anak desa tidak melulu beternak, tetapi juga bisa beternak sambil berselancar,” ucapnya - ISP Cirebon.

Selama ini, sambung Dedi, proses pertanian di Indonesia kerap terpisah dengan teknologi. Dengan fasilitas tersebut, dua hal ini bisa disatukan. Ia melihat, perpaduan ini bisa mendorong perekonomian desa secara mandiri.

Sebagai langkah awal, kampung gaul baru ada 60. Untuk membangun infrastruktur information technology (IT) 60 kampung desa itu merogoh kocek Rp400 juta. Tahun depan, sebanyak 183 Kampung Gaul sudah terbangun.

“Program ini pun akan terhubung dengan ambulanns online dan dokter online. Selain itu, dalam sepekan sekali, anak-anak SMA akan melakukan e-learning dengan beberapa pihak,” tutupnya - ISP Cirebon.

Direktur Enterprise & Buisness service PT. Telkom Indonesia, Muhammad Awalludin mengatakan, dari program "Kampung Gaul", Telkom membangun jaringan infrastrukturnya dengan membangun tiga bentuk, bisa melalui fiber, tembaga, ataupun satelit.

"Ke depan kita akan melihat dulu apakah desa di Purwakarta bisa terjangkau oleh fiber atau tembaga, kalaupun tidak bisa kita bangun jaringannya dengan sistem satelit,” tutupnya.

Tags: #Desa Pintar #teknologi