Memahami Konsep Kecepatan Transfer Data di Internet

397 views

kecepatan transfer data

Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data ialah menunjuk pada jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik (bit per second) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps.

Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream.

Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain.

Adapun Upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server.

Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps (bit per second) . Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.

Secara umum, satuan paket data yang sering digunakan dalam komputer adalah sebagai berikut:

  • 1 byte = 8 bit = 1 karakter
  • 1 KB = 1 kilobytes = 210 bytes = 1.024 bytes
  • 1 MB = 1 Megabytes = 220 bytes = 1.048.576 bytes
  • 1 GB = 1 Gigabytes = 230 bytes = 1.073.741.824 bytes

Terkait dengan kecepatan transfer data, ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut:

1. Unit Komputer

Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses internet karena di dalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperan penting pada proses kerja komputer tersebut.

Bila hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu juga bila menggunakan RAM atau Processor yang kecepatannya rendah, ini sangat mempengaruhi kecepatan akses internet.

2. Modem

Modem juga sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 kbps.

3. Jaringan Komunikasi yang digunakan untuk Akses Internet.

Untuk mengakses internet kita bisa menggunakan layanan line telephone, wireless, dan lain-lain. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang berbeda-beda, kecepatan yang paling rendah adalah menggunakan line telephone.

4. Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internetnya.

5. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan

Memang biasanya kecepatan akses internet pada jam-jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan. Pada jam 08.00 – 15.00 WIB biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet diluar jam tersebut.

(mentari)

Tags: #Cirebon Internet #internet #Internet Cirebon #Isp Cirebon