IP Camera, Apa Bedanya dengan Kamera Pengintai Biasa?

366 views

CCTV Cirebon - CCTV adalah perangkat untuk meningkatkan keamanan baik di kantor, tempat usaha, maupun rumah. Kamera satu ini yang akan membantu kita menelusuri suatu kejadian yang mungkin merugikan kita.

Bermacam-macam tipe CCTV yang beredar sekarang ini juga semakin meningkatan keamanan. Kamera yang dipasang bukan hanya bisa dipantau pada tempat yang terbatas namun juga dikontrol dengan bantuan internet.

Salah satu kamera pengintai yang cukup terkenal adalah IP Camera. Apa itu IP Camera dan apa beda IP Camera ini dengan kamera pengintai biasa yang sudah banyak beredar di pasaran?

IP Camera merupakan kamera pengintai digital yang mampu memantau sekaligus mengirim data melalui jaringan internet dan bantuan perangkat komputer. Bisa dikatakan fungsinya semacam webcam namun perbedaannya terletak pada ketidakmampuan webcam untuk berfungsi ketika tidak ada bantuan dari laptop maupun komputer.

CCTV-Cirebon-zonacctv.com-ip-camera-atau-analog

iklanumawifi728x90

CCTV Cirebon - Fungsinya adalah sebagai peningkat keamanan, monitoring, live view, dan lain-lain. IP Camera sendiri memiliki beberapa tipa seperti Fix IP Camera, Dome IP Camera, dan PTZ IP Camera.

Jika Anda kini sedang menimbang-nimbang mana yang lebih baik untuk dimiliki antara kamera pegintai analog dengan IP Camera, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya supaya disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan Anda. Beberapa perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:

Dilihat dari kualitas video, IP Camera jelas lebih menang jika dibandingkan dengan CCTV biasa atau kamera analog CCD. Tipe kamera satu ini memiliki keunggulan dari segi kejelasan gambar mengingat megapixel kamera yang dimilikinya relatif tinggi.

Sayangnya, kelemahan kamera tipe ini adalah tidak mampu menangani kondisi pencahayaan yang relatif rendah dan diketahui memiliki keterbatasan lain yaitu dari segi sumber data encoding. Kelemahan lainnya adalah Anda tidak akan jarang melihat keterlambatan video karena beberapa gambar mungkin akan terkompresi.

iklan zonacctvCCTV Cirebon - Jika kita pantau dari infrastruktur kabel, IP Camera ini sudah mampu terhubung dengan jaringan internet dengan batasan jarak hingga 100 meter.

Kabel inilah yang akan digunakan sebagai transmisi kekuatan atau PoE video serta data. Jika dibandingkan dengan kamera analog, kamera pengintai analog ini cenderung tidak praktis dilihat dari penggunaan kabel coaxial dengan batasan sekitar 300 meter.

Mari beralih ke bagian tingkat keamanan. Jika membahas IP Camera, perangkat satu ini relatif lemah oleh serangan virus dan ulah usil para hacker. Jika Anda cukup memperhatikan masalah keamanan kamera pengintai, tidak ada salahnya mencoba memilih kamera pengintai analog karena tipe kamera satu ini akan langsung terhubung dengan DVR.

Itu dia pengertian dari IP Camera dan beberapa perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan kamera pengintai analog. Mau pilih yang mana, itu harus berdasarkan kepentingan penggunanya.

CCTV Cirebon - Jika Anda memang tidak bisa meninggalkan tempat tanpa pengamanan yang ketat atau harus selalu mengecek sendiri kondisinya, maka IP Camera bisa jadi alternatif kamera pengintai yang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera pengintai analog.

Namun ingat, karena kemampuannya terhubung dengan jaringan internet, maka tipe kamera pengintai ini juga cukup rawan akan serangan virus maupun ulah para hacker.

(Sumber: zonacctv.com)

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV