Perbedaan Motorized dengan Fixed pada CCTV

216 views

CCTV Cirebon - Ini merupakan istilah yang baru dalam CCTV, yaitu Motorized Camera dan Fixed Camera. Namun sebenarnya, kedua jenis CCTV tersebut sebenarnya sudah terlebih dahulu ada dibandingkan istilahnya. Loh kok bisa?

Jadi begini istilah sebenarnya istilah motorized camera hadir setelah ada CCTV yang mampu bergerak kanan-kiri, atas-bawah, dan zooming otomatis. Nama sebenarnya dari CCTV yang mampu bergerak melalui sebuah controller ini adalah PTZ Camera.

CCTV Cirebon - PTZ Camera merupakan kamera yang bisa bergerak sendiri walaupun tetap dikontrol secara jarak jauh melalui sebuah remote yang sudah terhubung sebelumnya. PTZ merupakan sebuah singkatan dari Pan - Tilt - Zoom, artinya kamera jenis ini mempunyai kemampuan untuk dapat dikendalikan gerakannya seperti (kanan-kiri) atau dalam bahasa Inggris disebut Pan gerak (atas-bawah) atau Tilt, serta zooming.

(Pan, Tilt, Zoom) PTZ Camera = Motorized CCTV

Contoh Gerakan Panning / Pan (Kanan – Kiri) pada CCTV

Contoh Gerakan Tilt (Atas – Bawah) pada CCTV

Simulasi gerakan Zooming pada camera. Pada CCTV Jenis PTZ, Zooming dapat di kontrol jarak jauh.

CCTV Cirebon - Fitur PTZ Camera ini digerakan oleh sebuah motor / sejenis dinamo. Sehingga munculah istilah Motorized Camera / Motorized CCTV yang artinya camera yang digerakkan oleh sebuah motor. Itulah sejarahnya kenapa muncul istilah Motorized Camera.

Lantas bagaimana dengan Fixed Camera? Sebenarnya untuk istilah ini muncul setelah motorized camera hadir. Sebab seperti yang kita ketahui, dahulu camera hanya sebuah alat untuk menangkap gambar, dan kita manusia yang mengoperasikannya seperti zooming, atur fokus, pencahayaan dan sebagainya.

CCTV Cirebon - Karena hadirnya produk PTZ Camera, munculah istilah baru yaitu Fixed Camera yang menunjukan bahwa camera jenis ini harus diatur Zooming, fokus, dan sebagainya saat instalasi karena kamera jenis Fixed tidak dapat diatur melalui sebuah alat remote control khusus seperti PTZ Camera.

CCTV Cirebon : Perbedaan Motorized dengan Fixed pada CCTV
Fixed Camera CCTV

Fixed Camera CCTV

Contoh Fixed Camera, untuk mengubah posisi CCTV (seperti menaikkan atau menurun, geser kiri atau kanan) harus dilakukan manual.

CCTV Cirebon zonacctv - CCTV PTZ Pan Tilt Zoom

CCTV PTZ Pan Tilt Zoom

Camera yang mampu bergerak kanan-kiri, atas-bawah, serta zooming dengan mengendalikannya melalui Remote Control / PTC Controller.

PTZ Controller, seperti halnya sebuah remote control yang digunakan untuk menggerakan CCTV.

PTZ Controller, seperti halnya sebuah remote control yang digunakan untuk menggerakan CCTV.

CCTV Cirebon - Itulah asal muasal dan perbedaan antara CCTV Motorized dengan Fixed Camera. Semoga bermanfaat untuk Anda agar dapat memilih CCTV sesuai kebutuhan ruangan yang ingin diawasi. Perlu ditambahkan informasi, karena kecanggihan yang ada pada CCTV berjenis PTZ (Pan, Tilt, Zoom), maka kamera pengawas yang mampu bergerak ini agak lebih mahal dibandingkan fixed camera. Bijaklah memilih CCTV yang tepat.

Sumber: zonacctv.com

banner960x90-crbbiz1

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV