Ini Posisi Terbaik Letakkan Router Wi-Fi Agar Internet Tak Lemot

945 views


iklanagia728x90Cirebon Internet - Penawaran paket home-internet murah meriah dari penyedia layanan internet (ISP) membuat perangkat Wi-Fi (router) semakin banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Namun, seringkali pengguna mengeluh akan akses internet Wi-Fi yang lemot.

Nah, sebelum Anda menyalahkan ISP terkait internet lambat yang tak sesuai iklan, ada baiknya Anda memeriksa lokasi router. Sebab, menurut Jason Cole, fisikawan dari Immperial College London, lokasi router Wi-Fi juga mempengaruhi kualitas internet. Lalu di mana posisi terbaik untuk meletakkan router Wi-Fi? Berikut tipsnya!

1. Tempatkan router di pusat ruangan

Cirebon Internet - Kebanyakan pengguna meletakkan router di pojok-pojok ruangan, alasannya tentu dekat dengan colokan listrik. Tetapi, hal itu ternyata salah.

Cirebon Internet

Ilustrasi sinyal Wi-Fi jika router diletakkan di pojok ruangan

Posisi terbaik bagi router adalah ditengah ruangan, idealnya di posisi yang bisa terlihat dimanapun Anda menggunakan gadget yang terhubung dengannya. Meletakkan router di pojok ruangan hanya akan menciptakan 'dead-zone' atau daerah yang tidak bisa dijangkau oleh sinyal Wi-Fi. Biasanya dead-zone ada di bagian seberang router.

2. Hindari benda logam

Cirebon Internet - Menurut Jason Cole, logam dapat mengurangi energi elektromagnetik dari router Wi-Fi yang berujung pada menurunnya kecepatan internet.

3. Jauhkan router dari tembok

iklanumawifi300x600Cirebon Internet - Tembok ternyata mampu menyerap radiasi sinyal Wi-Fi dengan kuat. Posisi router yang terhalang oleh dua tembok di sisi kanan dan kiri dapat menghalangi sinyal Wi-Fi sampai di pojok terjauh rumah. Apabila rumah Anda berlantai dua, tidak usah terlalu khawatir sebab lantai atau atap tidak memiliki pengaruh 'penghalang sinyal' sekuat tembok beton.

4. Haram dekat microwave

Cirebon Internet - Microwave mempunyai frekuensi gelombang yang sama dengan router wireless. Oleh karena itu, menempatkan router di dekat microwave hanya akan membuat kecepatan internet menurun drastis. Bahkan, sedikit radiasi yang keluar dari microwave bisa mengganggu sinyal cukup parah.

5. Pasang di tempat tinggi

Tags: #internet #teknologi