Mengenal Teknologi HDCVI Kamera

401 views

HDCVI (High Definition Composite Video Interface) adalah singkatan dari “High Definition Composite Video Interface”.

Produk HDCVI hadir karena adanya keterbatasan-ketebatasan baik yang ditemui pada IP Camera/ CCTV Digital dengan CCTV Analog.
  • CCTV Analog memang memiliki harga perangkat yang lebih murah namun kualitas gambar yang dihasilkan harus sesuai dengan harga, pembeli tidak akan mendapatkan kualitas gambar seperti IP Camera jika mereka memilih CCTV Analog.
  • CCTV Digital (IP Camera) menawarkan kualitas gambar yang detail dan tajam (High Definition) namun karena termasuk kamera pengawas teknologi terbaru, harga IP Camera tidak dipungkiri mahal.

Atas keterbatasan yang ada pada CCTV Analog dan IP Camera, akhirnya hadir produk yang mampu menjembatani permasalahan tersebut, yaitu HDCVI (High Definition Composite Video Interface).

CCTV Digital | Mengenal Teknologi HDCVI - Cirebon Internet

banner960x90-crbbiz1

HDCVI menawarkan berbagai keuntungan sebagai upaya menjembatani antara kelemahan IP Camera dan CCTV Analog seperti :

  • Harga HDCVI memang sedikit lebih mahal dibanding CCTV Analog, tapi masih dibawah harga pasaran IP Camera (CCTV Digital).
  • Kualitas gambar lebih baik dibanding CCTV Analog, namun bisa disetarakan dengan kualitas gambar IP Camera (mampu HD 720p dan Full HD 1080).
  • Dapat mengirimkan transmisi gambar dari HDCVI ke DVR HDCVI melalui kabel coaxial  yang biasanya digunakan pada CCTV Analog.
  • Tidak perlu membeli kabel tambahan untuk menghubungkan PTZ (Pan, Tilt, Zoom) HDCVI dengan PTZ Controller agar HDCVI dapat digerakkan mengikuti perintah. Hal ini disebabkan karena PTZ Controller dapat langsung berkomunikasi hanya melalui satu kabel yaitu Coaxial.

Itulah dia keuntungan dari HDCVI yang menawarkan efisiensi biaya (baik harga HDCVI yang lebih murah dibanding IP Camera, alat-alat tambahan pendukung yang hanya menggunakan perangkat  yang mendukung di CCTV Analog) serta menawarkan nilai lebih dari yang sekedar didapatkan CCTV Analog (Seperti gambar berkualitas High-Definition seperti IP Camera).

iklan zonacctvNamun, sebagai sebuah produk selain penggunanya mendapatkan keuntungan, ada juga kelemahan yang mesti diketahui pembeli saat memilih HDCVI (High Definition Composite Video Interface) sebagai pilihan kamera pengawas mereka yaitu Isu Kompatibilitas.

Kompatibilitas adalah kemampuan suatu produk agar dapat berfungi dengan normal ketika disandingkan dengan perangkat pendukung lain. Maksudnya, ketika HDCVI digunakan untuk merekam maka sebaiknya DVR sebagai media penyimpanannya paling tidak harus sama merek / brandnya. Hal ini dikarenakan karena semua fungsi dari HDCVI dikomunikasikan melalui kabel coaxial (gambar, perintah PTZ Controller). Oleh sebab itu baik HDCVI, PTZ Controller dan DVR-nya sebaiknya harus satu merek.

Walaupun begitu HDCVI tetap pantas untuk Anda miliki sebagai solusi untuk mendapatkan kamera pengawas berharga terjangkau namun kualitas gambarnya setara dengan CCTV Digital /IP Camera.

Sumber: zonacctv.com

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV