Panduan Penempatan Kamera CCTV Untuk Pabrik

254 views

CCTV untuk Pabrik Kendati bukan pemilik pabrik, namun kami ingin mengemukakan seputar  sebaran titik camera yang baik untuk lokasi pabrik. Memang, ukuran baik tidaknya titik camera adalah relatif, artinya tergantung pada siapa yang melihat dan memanfaatkan sistem ini. Sepanjang pengamatan kami, untuk pabrik sekurang-kurangnya ada 3 (tiga) pihak yang berkepentingan dengan sistem camera CCTV ini, yaitu:

1. Pemiliknya sendiri (Owner).

2. Staf Personalia (HRD).

3. Bagian Keamanan (Security).

iklan zonacctvCCTV untuk Pabrik – Owner berkeinginan melihat aktivitas keseharian pabrik guna memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Terlebih lagi saat dia sedang berada di luar kota (luar negeri), maka tidak dipungkiri bahwa keinginan untuk sekadar melihat tentunya ada.

Demikian pula dengan Staf HRD yang sering dipusingkan oleh ulah sebagian karyawan yang suka titip-menitip absen. Dengan penempatan camera yang tepat, maka hasil rekaman karyawan nakal tadi bisa dijadikan barang bukti sebelum management mengeluarkan SP ataupun PHK terhadapnya. Namun, tujuan terpentingnya adalah pencegahan (preventif) terhadap kasus serupa. Di sinilah diperlukan letak camera yang tepat.

CCTV untuk Pabrik – Bagaimana halnya dengan Satpam (Security)? Hal ini tampaknya masih menjadi perdebatan sehat, perlukah Satpam dibekali dengan perangkat CCTV yang notabene merupakan peralatan canggih?

Sebagian pabrik memandang tidak perlu. Mereka lebih mengandalkan pada peralatan “Guard Patrol” atau “Watchman’s Clock”, sehingga Satpam-lah yang harus patroli pada jam tertentu, bukan melihat dengan camera. Namun, sebagian pabrik lain memberikan fasilitas perangkat CCTV ini kepada Satpam mereka dengan alasan luasnya area dan perlunya dokumentasi rekaman bilamana ada kejadian.  Tetapi yang jelas, persoalan ini kembali diserahkan pada masing-masing owner.

CCTV untuk Pabrik – Baiklah, sebagai wacana untuk mempertajam persoalan ini, kami ilustrasikan sebuah pabrik, katakanlah seperti pada gambar di bawah ini.

CCTV Untuk Pabrik - Panduan Penempatan Kamera

Perhatikanlah, bagaimana camera tidak disebar berdasarkan area, namun berdasarkan pada urutan pergerakan orang (sequence). Lebih anehnya lagi, kami tidak memasang camera di Ruang Produksi sebagaimana lazimnya dilakukan. Anda banyak melihat titik rawan? Ya, tentu saja! Tetapi bagi kami perletakan seperti ini sudah mencukupi. Nah, bagaimanakah kira-kira alasannya?

Baca Selengkapnya di..

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV