Cara Mencari Titik Koordinat Lokasi di Google Maps

406 views

google maps

Mendapatkan koordinat suatu lokasi bisa kita lakukan dengan bantuan Google Maps. Bahkan mungkin saja itu merupakan cara yang paling mudah.

Titik koordinat memang bermanfaat terutama jika kita ingin menunjukkan suatu lokasi tertentu pada peta. Bila Anda membutuhkannya, inilah cara mencari koordinat di Google Maps.

  1. Pertama aktifkan pengaksesan Lokasi (GPS) Anda, pada menu pengaturan
  2. Jika sudah aktif, buka aplikasi Maps / website Google Maps (http://www.google.co.id/maps).
  3. Cari lokasi yang ingin diketahui koordinatnya.
  4. Setelah lokasi Anda diketahui tekan dan klik kanan pada lokasi tersebut dan Pilih What’s Here? (atau Ada Apa di Sini?).
  5. Koordinat lokasi tersebut akan muncul di kiri bagian kiri atas.
  6. Klik koordinat untuk memastikannya sudah menunjuk lokasi dengan benar.

Bagaimana, mudah kan? Agar lebih paham, mari kita contohkan. Misalnya kita ingin mengetahui koordinat ISP MEGAHUB. Inilah yang perlu kita lakukan untuk mencari koordinatnya di Google Maps.

Buka Google Maps, dan search dengan kata kunci ISP MEGAHUB.

Atau jika Anda ingin mencari titik koordinat lokasi Anda saat ini maka tekan tanda seperti dibawah ini.

Maka lalu akan muncul tanda titik biru seperti ini.

Setelah lokasi ditemukan, silahkan klik kanan dan pilih opsi Whats’s Here? atau Ada Apa di Sini? jika Anda menggunakan Google dengan Bahasa Indonesia.

Jika itu sudah Anda lakukan, di bagian bahwah akan muncul koordinat dari ISP MEGAHUB.

Klik koordinat tersebut untuk memastikan apakah sudah menunjuk lokasi yang tepat.

Dan itulah koordinat lokasi dari ISP MEGAHUB. Sekarang Anda sudah bisa mengetahui koordinat di Google Maps.

Untuk diketahui bahwa titik koordinat yang telah dihasilkan tadi ialah berupa garis lintang dan garis bujur.

Yang dimaksud dengan garis lintang adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara atau selatan). Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan.

Dalam bahasa Indonesia lintang di sebelah utara khatulistiwa diberi nama Lintang Utara (LU), demikian pula lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama Lintang Selatan (LS).

Sedangkan garis bujur menggambarkan lokasi sebuah tempat di timur atau barat Bumi dari sebuah garis utara-selatan yang disebut Meridian Utama. Garis Bujur dihitung berdasarkan pengukuran sudut dari 0° di Meridian Utama ke +180° arah timur dan −180° arah barat. Tidak seperti lintang yang memiliki ekuator sebagai posisi awal alami, tidak ada posisi awal alami untuk bujur.

Dalam bahasa Indonesia bujur di sebelah barat Meridian diberi nama Bujur Barat (BB), demikian pula bujur di sebelah timur Meridian diberi nama Bujur Timur (BT).

Semoga bermanfaat!

(megahub.id)

Tags: #Google Map #Tutorial