Mengenal Kabel Coaxial, beserta fungsi dan kegunaannya

2310 views

Mari kita simak lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan kabel Coaxial tersebut, dan apa saja kegunaannya, kelebihan serta kekurangannya pada suatu perangkat. Selain sebagai kabel untuk penyambung televisi dan antena, kabel Coaxial juga biasa digunakan dalam instalasi CCTV.

Fungsi Kabel Coaxial

iklan zonacctvSecara umum, kabel Coaxial sering juga disebut sebagai BNC atau Bayonet Naur Connector atau juga disebut ‘Coax’. Sementara untuk bahasa Indonesianya sering disebut sebagai kabel sesumbu.  Jadi, dengan kata lain kabel Coaxial dapat diartikan sebagai suatu media untuk transmisi data dan menyalurkannya melalui sinyal listrik.

Kabel Coaxial juga merupakan media yang mampu menghubungkan antara satu perangkat keras komputer dengan perangkat lainnya, karena kabel Coaxial memiliki kecepatan yang lumayan baik sebagai transmisi data. Selain itu, kabel Coaxial juga memiliki fungsi lainnya, yakni membagi sinyal broadband atau sebuah sinyal dengan frekuensi tinggi. Berikut adalah beberapa komponen dan bagian yang dimiliki oleh kabel Coaxial ini, antara lain:

1. Pada bagian kabel Coaxial terdapat kabel tembaga yang berada di tengah, dimana kabel tersebut berfungsi sebagai media pengantar aliran listrik.

2. Lapisan plastik, lapisan ini berfungsi sebagai pemisah antara kabel tembaga dan lapisan metal yang membalutnya.

3. Lapisan metal, lapisan ini berfungsi sebagai pelindung untuk bagian inti dari kabel, dan juga berfungsi sebagai  pelindung dari pengaruh gelombang elektromagnetik dari luar.

4. Lapisan plastik terluar, pada bagian ini adalah bagian yang melindungi keseluruhan komponen kabel yang berada di dalam, dan juga bagian yang langsung berhubungan dengan tangan manusia.

Kabel Coaxial fungsi dan kegunaannya - Cirebon Internet

banner960x90-crbbiz1

Dan berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari kabel Coaxial.

Kelebihan:

-  Bila dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber optik, kabel coaxial memiliki kisaran harga yang lebih murah.

-  Jangkauan serta kecepatan transmisi yang dimiliki oleh kabel Coaxial lebih tinggi, meskipun masih memiliki beberapa batasan-batasan jangkauan tertentu.

-  Meskipun proses pemasangannya cukup kompleks, akan tetapi kabel Coaxial ini peka terhadap isyarat.

-  Teknologi yang dimiliki dan diterapkan pada jaringan kabel Coaxial masih terbilang sangat umum dan mudah dipahami.

Kelemahan:

-  Proses instalasi yang cukup kompleks dan rumit, karena untuk pemasangannya tersebut diperlukan ketelitian untuk menyesuaikan ukuran dari kabel tersebut.

-  Lebih mahal dalam urusan biaya pemeliharaan dan perawatan.

-  Memiliki sifat yang rentan terhadap temperatur atau suhu di dalam kabel.

-  Jangkauan sinyal yang terbatas, dan memerlukan bantuan repeater untuk menambah sinyal jarak jauh.

(Sumber: zonacctv.com)

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV