Istilah – Istilah Resolusi pada CCTV

307 views

Kendati terbilang cukup lama berkecimpung di bidang CCTV, namun tak jarang kita dibuat bingung oleh istilah yang tercantum pada spesifikasi teknis satu produk.

iklan zonacctvContohnya: pernahkah kita bingung dengan istilah resolution, dimana pada camera dinyatakan sekian TVL, namun pada DVR digunakan istilah CIF (dibaca: sif), D1, Half D1 dan sebagainya? Jika ya, kami yakin anda tidak sendirian, paling tidak kamipun sama-sama bingung.

Namun, siapapun kita, entah sebagai vendor, marketing, sistem integrator, maupun teknisi, hendaklah kita dapat menjelaskan istilah-istilah seperti itu kepada customer dngan baik. Pada posting kali ini kami akan menurunkan uraian singkat yang berkenaan dengan persoalan resolution ini. Semoga berguna bagi kita semua.

Resolution adalah istilah yang kerap kita dengar pada saat seseorang menjelaskan mengenai kualitas dari satu produk camera CCTV. Secara umum dikatakan, makin tinggi nilai resolusi satu camera, maka kualitas gambarnya akan semakin halus (baca: baik).

Sebagai contoh, camera dengan resolusi 480 tv line (tvl) akan lebih halus daripada camera 380 tv line, 550 tvl lebih halus ketimbang 480, demikian seterusnya. Tapi pernahkah kita mendengar istilah resolusi lain, yaitu yang dinyatakan dalam CIF, D1, QCIF dan lainnya? Jika belum, kami akan menjelaskan duduk perkaranya, mengapa sampai dijumpai adanya dua istilah berbeda dalam menjelaskan resolusi tersebut.

iklanumawifi728x90

Dampak Perubahan CCTV Analog ke Digital

Dalam dunia televisi, hingga saat ini dikenal beberapa sistem standar, diantaranya (yang paling populer) adalah NTSC dan PAL. Dalam sistem NTSC dinyatakan, untuk menampilkan satu gambar secara utuh diperlukan 2 bidang (istilahya field)  yang masing-masing terbentuk dari 240 garis hitam (ganjil) dan 240 garis putih (genap).

Istilah - Istilah Resolusi pada CCTV - Cirebon Internet

Berdasarkan hal itu, maka apabila satu camera CCTV -katakanlah sekian tv line- kita sambung langsung ke monitor TV biasa, maka resolusi yang ditampilkan adalah apa adanya, tanpa proses apa-apa lagi. Demikian juga halnya dengan resolusi-resolusi lainnya. Jadi, dalam keadaan seperti ini tidak terjadi apa-apa, selain wujud resolusi camera itu sendiri yang dinyatakan dalam TV lines. Ranah ini dinamakan ranah analog.

Selengkapnya di..

Tags: #cctv #cctv cirebon #Cirebon CCTV