Tips Supaya DVR Berumur Panjang

11856 views

CCTV Cirebon - Tips agar dvr berumur panjang

 

CCTV Cirebon - Tips Supaya DVR Berumur Panjang

Zona CCTV Cirebon kali ini akan berbagi Tips Supaya DVR Berumur Panjang. Seperti yang kita ketahui, Digital Video Recorder merupakan alat yang vital dalam sistem CCTV karena berfungsi untuk menyimpan semua hasil rekaman dari setiap unit kamera yang terpasang. Berikut ini beberapa tips yang berhubungan dengan DVR :

1. Tempatkan DVR dalam keadaan yang luas dan mempunyai ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara ruangan bahkan bila perlu lokasi penempatan DVR dilengkapi dengan pendingin ruangan agar suhu ruangan selalu dalam keadaan sejuk. Bila lokasi penempatan DVR sedikit terbuka (diluar ruangan), berdebu dan berminyak, maka harus lebih sering dibersihkan untuk menjaga performanya.

2. Pastikan DVR ada terpasang Surge Protection untuk menghindari masalah yang timbul dari lonjakan listrik seperti akibat dari petir.

3. Pasang Uninterruptible Power Supply untuk menghindari terjadinya kehilangan listrik secara mendadak akibat listrik padam sehingga memungkinkan DVR dapat dimatikan secara manual. Periksa berkala kondisi batere pada UPS dan bila perlu tambahkan juga unit stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik yang diasup DVR.

4. Periksa bagian dalam DVR secara berkala sekali atau dua kali setahun untuk membersihkan mainboard dari debu dan kotoran. Bila memungkinkan, gunakan unit kompresor udara untuk membersihkannya.

5. Periksa pada situs produsen CCTV anda apakah unit DVR yang terpasang mempunyai versi firmware terbaru. Firmware terbaru tentu akan membantu performa DVR apabila firmware sebelumnya ada bug, penambahan fitur, penambahan protokol, penambahan konfigurasi dan sebagainya. Pastikan pula firmware tersebut memang cocok untuk DVR yang terpasang.

6. Gunakan password pada DVR untuk menghindari penggunaan yang tidak semestinya.

7. Periksa ulang konfigurasi DVR seperti kompresi video, resolusi gambar, kualitas gambar, kerapatan gambar. Sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk mengoptimalkan hasil rekaman.

8. Periksa selalu jangka waktu rekaman saat akan dihilangkan/ditimpa apabila fitur overwrite aktif. Hal ini untuk menghindari terjadinya kehilangan data rekaman apabila pada jangka waktu tersebut ada suatu kejadian.

9. Periksa kondisi HDD pada unit DVR. Bila perlu setiap 2 tahun sekali ganti unit HDD agar tidak terjadi masalah yang tiba-tiba timbul karena HDD rusak akibat operasional yang terus-menerus.

10. Persiapkan selalu flashdisk, mouse, CD kosong untuk memudahkan pengoperasian saat proses backup data rekaman.

11. Periksa selalu kondisi konektor-konektor kamera yang terpasang pada DVR.

12. Pastikan alamat IP DVR tidak diketahui secara umum apabila DVR terhubungkan ke jaringan internet.

13. Pastikan hanya satu atau dua orang yang bertanggung jawab secara penuh atas pengoperasian DVR.

Demikian Tips Supaya DVR Berumur Panjang dari Zona CCTV Cirebon semoga bermanfaat.

Sumber

Baca Juga :
–  Tips dan Cara Merawat Kamera CCTV
–  Tips Menentukan Letak Kamera CCTV Yang Tepat

Tags: #cctv #cctv cirebon #Merawat DVR #Tips DVR