Jenis – Jenis Web Hosting dan Tingkatannya

1422 views

hosting_pic

Free Hosting

Merupakan layanan web hosting gratis. Anda biasanya cukup mendaftarkan diri dan menempatkan file web Anda di sana setelah diterima menjadi anggota. Sang penyedia biasanya juga menawarkan pemilihan subdomain untuk alamat situs pengguna dan menyediakan aplikasi instan untuk membuat website. Sang penyedia layanan umumnya memberikan batasan-batasan tertentu, atau menyisipkan iklan mereka di halaman web Anda sebagai balas jasa. Contoh: 000webhost, idhostinger, dan banyak lagi, termasuk yang berbasis blog seperti blogger dan wordpress. Cocok digunakan oleh orang yang ingin belajar membuat website atau blog.

Shared Hosting

Merupakan layanan web hosting berbayar yang paling murah. Dimana satu server hosting digunakan secara bersama sama oleh banyak pengguna.  Dalam satu server tersebut terdapat account untuk masing-masing pengguna yang dibedakan dengan username dan password. Jenis jasa layanan ini paling banyak digunakan orang karena dikenal paling murah. Namun, karena sumberdayanya dipakai secara bersama dan ada pembatasan-pembatasan tertentu, shared hosting tidak cocok digunakan untuk website besar (yang ramai pengunjung atau membutuhkan sumberdaya tinggi).

iklanmentarig

Reseller Host

Reseller host adalah hosting yang anda bisa beli namun dengan ini anda tidak hanya bisa menggunakan nya untuk satu website saja, bisa dibagi-bagi sendiri menjadi beberapa website, bahkan dengan fitur seperti itu anda bisa menjualnya kembali ruang yang anda miliki, anda bisa membuat paket-paket hosting sendiri, karena anda bisa mengatur. Harganya pun menjadi lebih mahal dibanding shared host, namun jika anda seorang web developer yang memiliki banyak klien, ini bisa menjadi pilihan agar anda tidak perlu menyewa hosting baru untuk website baru. Cukup gunakan reseller hosting yang anda punya untuk membuat ruang bagi website baru. Ingat kalau server anda mati, berarti semua klien anda akan komplain secara bersamaan.

VPS Hosting

Merupakan layanan web hosting berbayar yang agak mahal. Secara teknis, penyedia layanan web hosting membagi sumberdaya sebuah server menjadi beberapa server virtual. Berbeda dengan shared hosting yang dipakai secara berjamaah, server yang dipakai untuk VPS hanya dibatasi untuk beberapa pelanggan saja agar performa masing-masing server virtual bisa terjaga kinerja dan sumberdayanya. Pengguna layanan VPS bisa memilih paket yang disediakan (biasanya perbedaan terletak pada besarnya space, batasan bandwidth, alokasi memori yang diberikan, dan bantuan teknis pengelolaannya). VPS (Virtual Private Server) memiliki kelebihan pada keleluasaan pelanggan dalam mengelola hosting yang disewanya, karena masing-masing memiliki hak akses ke root, memilih sistem operasi, menginstal aplikasi sendiri, dan bisa digunakan untuk beberapa website sekaligus. VPS cocok untuk website skala menengah ke atas (ramai pengunjung) atau digunakan oleh orang yang memiliki website banyak.

Dedicated Host

Layanan Dedicated Server, adalah layanan hosting dengan menggunakan server secara keseluruhan, anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya.

Penggunaan Dedicated Server cukup mudah, anda dapat meremotenya dari manapun, dan juga dapat mengaksesnya dengan cepat dari manapun anda berada, tersedia juga pilihan control panel yang dapat membantu aktivitas anda dalam menggunakan dedicated server.

Biasanya dedicated server ini digunakan oleh website-website besar dan populer yang sudah memiliki pendapatan cukup dari website nya sehingga bisa membayar lebih untuk kualitas server yang lebih baik.

Managed WordPress Host

Jika website anda menggunakan engine wordpress anda mungkin perlu juga mencoba hosting yang disediakan oleh wordrpess.org, host ini biasanya menawarkan layanan yang lebih dan memiliki fitur yang sesuai untuk blog yang menggunakan engine wordpress.
Dengan menggunakan jasa mereka anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan soal pengelolaan, karena mereka yang menangani soal keamanan, masalah upgrade dan mereka juga menawarkan jasa backup data website. Karena memang merekalah yang paling mengetahui tentang wordpress. Dengan menggunakan hosting ini mungkin anda tidak akan menemukan fitur cpanel atau email hosting, namun soal kecepatan dan stabilitas jangan diragukan.

Colocation Hosting

Merupakan layanan web hosting berbayar yang paling mahal. Penyedia layanan hanya menyediakan tempat dan prasarana pendukung, adapun pelanggan harus menyediakan komputer server sendiri. Jadi penyedia layanan colo hanya menyewakan tempat, akses internet, dan jasa perawatan server. Pelanggan juga bisa menugaskan seseorang untuk merawat server di data center, memperbaiki kerusakan, dan sebagainya. Model ini sangat disarankan bagi institusi dan organisasi besar.

benerr 640 90

Tags: #cirebon #isp #mentari hosting #web hosting