CCTV di Jalur Mudik Ini Bisa Diakses Oleh Masyarakat

608 views

CCTV di Jalur Mudik Ini Bisa Diakses Oleh Masyarakat

Sebanyak 9 Close Circuit Television (CCTV) sudah dipasang di sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang jalur mudik yang melintasi Cianjur. Istimewanya, masyarakat bisa mengakses langsung tayangan di CCTV tersebut melalui media sosial.

Kesembilan titik tempat pemasangan CCTV tersebut, kata Erik tersebar mulai dari Pos Polisi 1 Cepu Puncak Kecamatan Pacet. Lalu Pos Polisi 2 Cepu Ciloto Kecamatan Pacet, Pos Polisi 3 Cepu Hanjawar Kecamatan Cipanas, Pos Polisi 6 Cepu Pasar Cipanas. serta Pos Polisi 8 Cepu Pertigaan Hypermart, Pos Polisi 9 Cepu Pasar Muka Ramayana Cianjur, Pos Polisi 10 Cepu Pasirhayam, Mapolsek Ciranjang, dan Mapolsek Warungkondang.

CCTV Lalulintas Mudik Bisa di akses oleh masyarakat

Kasatlantas Polres Cianjur AKP R Erik Bangun Prakarsa mengatakan, pihaknya sengaja membuka tayangan CCTV tersebut dan membaginya kepada masyarakat agar masyarakat bisa memantau sekaligus menghindari kemacetan selama musim mudik lebaran.

“Update data itu bisa didapatkan di whatsapp 082316706086, facebook tmc sat lantas cianjur atau melalui twitter tmc lantas cianjur,” kata Erik.

Sistem NTMC sangat memudahkan polisi untuk memantau keadaan lalu lintas di titik-titik kemacetan secara real time. Kendati demikian, pemasangan CCTV yang dilakukan di beberapa titik masih terkendala sinyal yang jelek.

Kasatlantas menambahkan, frekwensi update kondisi lalu-lintas tersebut bisa berbeda berdasarkan situasi dan perkembangan di lapangan.

“Kalau landai bisa 15 menit sekali. Tapi kalau lagi padat bisa kita update 5 menit sekali,” lanjut dia.

Menurut dia, pemasangan di sembilan titik tersebut sesuai dengan kepadatan aru lalu lintas yang seringkali terjadi. Bahkan termasuk titik rawan kecelakaan sehingga sembilan titik tersebut masuk ke dalam titik-titik penting pemantauan.

Lebih lanjut, Erik menambahkan, pihaknya juga sudah menempatkan sejumlah personil yang dipusatkan di pos-pos pam.

“Untuk personil kita siapkan 800an personil di 15 pos pam,” pungkas dia.

Langkah disiapkan untuk pemantauan arus mudik dan balik Lebaran 2016, telah dilakukan pada awal bulan dan akan rampung dua pekan sebelum Lebaran.

Pemasangan CCTV jadi langkah antisipatif jelang arus mudik dan balik Lebaran. Selain itu, semua petugas dapat memantau keadaan lalu lintas setiap saat.

Baca Juga :
 –  Polisi Mulai Pasangi CCTV di Jalur Mudik

Tags: #cctv #cctv cirebon #CCTV Lalu lintas #CCTV Mudik