Kampung Wisata Rotan Akan Didirikan di Tegalwangi

849 views


Cirebon InternetCirebon Internet - Kampung wisata rotan bakal didirikan di Desa Tegalwangi Kabupaten Cirebon. Pembangunan kampung wisata rotan yang merupakan program yang difasilitasi Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon ini rencananya bakal dilaunching tahun 2017 mendatang. Demikian dikatakan oleh Ketua Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) Cirebon, Sumartja kepada fajarnews.com, Selasa (6/1).

“Itu (kampung wisata rotan) akan dilaksanakan launchingnya tahun 2017. Kita sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon bahwa tahun 2016 ini adalah pembenahan infrastrukturnya,” kata Sumartja.

Cirebon Internet - KMenurutnya, pembangunan kampung wisata rotan ini perlu didukung kesiapan infrastruktur antara lain seperti jalan menuju lokasi serta area parkir yang memadai. Kampung wisata rotan ini akan menempati lokasi di wilayah Tegalwangi dan sekitarnya.

“Jalan harus disesuaikan, dengan harapan wisatawan banyak yang datang. Wisatawan lokal, wisatawan internasional silahkan datang, Welcome,” ungkapnya.

iklanailanet300x600Cirebon Internet - Lebih lanjut Sumartja menjelaskan, di lokasi kampung wisata rotan ini akan dibangun museum dan kios-kios kerajinan rotan buat Industri Kecil Menengah (IKM) untuk pengunjung maupun wisatawan yang datang.

“Keterlibatan IKM dalam program ini kita buatkan kios-kios. Untuk IKM kita menyediakan showroom kecil-kecil. Selama ini, showroom-showroom itu ada di pinggir jalan. Nah nanti ke dalam juga kita fasilitasi,” jelasnya.

Keberadaan kampung wisata rotan di Tegalwangi ini, menurut Sumartja untuk mengangkat industri rotan khususnya pengrajin kecil (IKM) yang akan menggarap pasar lokal. Sebab, kata dia, untuk pasar industri rotan pabrikan sudah dilakukan melalui pameran-pameran internasional yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Cirebon Internet - Selain menggarap pasar segmen medium low, kampung wisata rotan ini juga akan melayani pasar segmen medium up. “Ada 2 segmen pasar yang akan disasar, yaitu segmen mediup up dan segmen medium low. Nanti yang segmen medium up kita arahkan kepada yang pabrikan. Dan segmen medium low kepada home industri,” papar Sumartja.

Di lokasi kampung wisata rotan ini juga akan ada area kawasan kulinernya untuk wisatawan. Selain itu juga akan dibangun museum serta sarana pelatihan kerajinan rotan untuk kunjungan-kunjungan dari perguruan tinggi atau universitas. “Bila nanti universitas ingin berlatih kita sediakan fasilitasnya,” tambah Sumartja.

Cirebon Internet - Kampung wisata rotan ini akan melengkapi destinasi wisata di Cirebon, selain wisata batik, wisata religi dan wisata kuliner. “Cirebon ini kan untuk wisata sudah cukup besar. Punya wisata religi yang cukup dominan, seperti Gunungjati. Wisata kuliner juga banyak macamnya. Dan wisata industri. Nah kita ini bagian dari wisata industri. Disini ada wisata industri batik, wisata industri kerang. Nah nanti kan ada rotan (Kampung Wisata Rotan),” jelas Sumartja.

“Industri rotan di Cirebon itu adalah industri rotan terbesar di Indonesia. Meskipun tidak ada pabrik besar, tetapi berkapasitas terbesar di Indonesia,” tambahnya.

(Sumber: Fajarnews) - Cirebon Internet

Tags: #cirebon #wisata #wisata cirebon