Google Kehilangan Domain, kok Bisa?

688 views


cirebon internetCirebon Internet - Dalam sebuah insiden, Google kehilangan domainnya yakni Google.com. Domain Google ini jatuh ke mantan pegawai Google, yakni Sanmay Ved. Google lupa memperbaharui kepemilikannya di Google.com sehingga membuat peluang bagi orang lain memilikinya.

Seperti dikutip dari Cnet, ved membeli domain Google ini seharga USD 12 pada jam 12 malam tanggal 29 September 2015 lalu. Pria ini memiliki domain Google selama semenit, sebelum Ved dan Google mencapai kesepakatan pengembalian domain.

Cirebon Internet - Konflik kepemilikan domain merupakan konflik yang akan melibatkan ongkos mahal sepanjang sengketa berlaku. Nah, berapa ongkos yang harus dibayar Google untuk insiden ini? Dalam blog Google, disebutkan Google menawarkan Ved uang sebesar US$ 6,006.13. Angka ini jika ditilik seksama bisa dibaca Google, bukan?

Namun, Ved mengatakan akan menggunakan semua uang hasil penjualan Google.com untuk disumbangkan sehingga Google melipatgandakan tawarannya ke Ved. Dan akhirnya, uang ahsil penjualan domain Google tersebut bermuara ke Art of Living India foundation yang menjalankan sekolah gratis bagi anak-anak miskin di area paling terpencil di India.

Cirebon Internet - ved sendiri dalam akun LinkedIn-nya merupakan kandidat MBA di Babson College di Wellesley, Massachussets. Pria ini membeli domain Google di website layanan registrasi Google Domains.

Perusahaan TI besar lain yakni Microsoft pernah melakukan kesalahan yang sama pada 2003 ketika perusahaan ini kehilangan kepemilikan Hotmail.co.uk. Tapi, pembeli domain mengembalikannya pada hari yang sama.

(Sumber: Telsetnews)

Tags: #google