R.I.P Windows Phone

844 views


Cirebon InternetCirebon Internet - Sepertinya sudah saatnya para pengguna Windows Phone mengucapkan selamat beristirahat dengan tenang untuk handset Windows Phone. OS ini akan digantikan oleh Windows 10 Mobile, yang belum juga muncul di pasaran.

OS Windows Phone ini memulai debut sebagai alternatif sistem operasi (OS) bagi Android dan iOS lima tahun lalu. Microsoft, pencipta OS ini, memposisikan Windows Phone 7 sebagai oposisi dalam ekosistem mobile. Namun apa dikata, OS ini gagal bersaing dengan dua kompetitornya tersebut.

iklanumawifi250x250Cirebon Internet - Seperti dikutip dari The Verge, OS ini kurang mendapatkan dukungan dari produsen ponsel untuk menyematkannya dalam produk mereka. Bahkan Microsoft tidak memiliki catatan akurat berapa banyak handset Windows Phone yang sukses di pasaran.

Dalam laporan penjualan di kuartal terakhir, Microsoft hanya menjual 4,5 juta unit Lumia. Sementara di periode sama tahun lalu sebesar 10,5 juta unit, atau turun 57%.

Cirebon Internet - Namun, jika saat ini penjualan device Windows Phone naik 57% pun, tidak akan menyelamatkan OS ini dari kematiannya. Sebab, gabungan penjualan handset Microsoft dan Nokia hanya 110 juta unit, jika dibandingkan dengan penjualan iOS dan Android sebesar 400 juta unit. Artinya, penjualan Lumia hanya 1,1% dari penjualan handset dengan dua OS lain tersebut.

Microsoft belum memiliki handset flagship lain selain seri Lumia. Sementara penjualan Lumia 950 dan 950 XL mengecewakan, akibat software Windows 10 yang belum matang.

Cirebon Internet - Dengan berkurangnya pasar Lumia dan ketiadaan rencana Microsoft untuk mmeproduksi handset, maka jelas pertanda tersebut jadi gong kematian Windows Phone. Selamat jalan, Windows Phone.

(Sumber: Telsetnews)

Tags: #Gadget #microsoft #Smartphone #Windows Phone